Seminar Nasional Perignatan Hari Pramuka Ke-59

Hello Genk!
Selamat datang di Rubrik kami, Kakak pembaca semua!
Rubrik Humas Racana Brawijaya yang pastinya membahas informasi menarik seputar Kepramukaan Pandega dan hal seru lainnya.

Beberapa waktu lalu Pramuka Universitas Brawijaya telah mengadakan sebuah seminar nasional online yang berjudul “ Pramuka Sebagai Harapan Bangsa untuk Indonesia Maju” Seminar yang dikemas dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-59 ini mempercayakan Kak Fatkhul Manan selaku Sekjen Dewan Kerja Nasional untuk menjadi pemateri dalam seminar nasional online kali ini. Sesuai judul yang telah disebutkan, tentunya kakak – kakak pembaca penasaran kan bagaimana isi materi seminar nasional online kali ini, Yuk kita simak!!

Pada bulan Agustus lalu, Pramuka memperingati dua hari besar sekaligus yaitu HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dan Hari Pramuka Nasional ke-59. Dari kedua hari besar tersebut kita sadar, sebagai anggota pramuka harus tau bagaimana cara memaknai dan merefleksikannya. Sebagai contoh, bisa dengan tetap mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Kepramukaan. Apalagi dalam keadaan sekarang dimasa pandemi Covid-19 ini, kita bisa memaknai atau merefleksikannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dengan adanya peringatan kedua hari besar tersebut kita tidak boleh bersikap acuh dan apatis, karena pramuka merupakan generasi harapan bangsa untuk menjadikan Indonesia maju.
Untuk mewujudkan Indonesia yang maju, tentu kita harus mengetahui apa saja yang menjadi indikatornya. Menurut Kak Fatkhul Manan sebagai pemateri kita seminar kali ini, ada 3 indikatornya, yaitu:
1. SDM unggul
2. Infrastruktur memadai
3. Ekonomi merata
Selain dari 3 indikator di atas, juga harus ada pembangunan berkelanjutan dari segala sisi aspek kehidupan, karena bertujuan sebagai berikut:
1. Menghapus kemiskinan
2. Mengakhiri kelaparan
3. Kesehatan yang baik dan kesejahteraan
4. Pendidikan bermutu
5. Kesetaraan gender
6. Akses air bersih dan sanitasi
7. Energi bersih dan terjangkau
8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi
9. Infrastruktur, Industri dan inovasi
10. Mengurangi ketimpangan
11. Kota dan komunitas yang berkelanjutan
12. konsumsi dan produk yang bertanggung jawab
13. Penanganan perubahan iklim
14. Menjaga ekosistem laut
15. Menjaga ekosistem darat
16. Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang kuat
17. Kemitraan untuk mencapai tujuan
Selanjutnya barulah langkah – langkah kongkrit yang dapat kita lakukan sebagai seorang Pramuka untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan memajukan negeri ini. Berikut langkah – langkahnya :
1. Mengamalkan nilai-nilai kepramukaan
2. Menjalankan prinsip kegiatan dalam Kepramukaan
3. Mengedepankan konsep 4 H dari Baden powell ( Health, Happines, Helpfulness, Handicraft )
4. Selalu berinovasi
5. Tingkatkan literasi
6. Selalu tumbuhkan cinta Tanah Air
7. Tumbuhkan jiwa Entrepreneur
8. Melek teknologi
9. Jadikan budaya hidup sehat sebagai keharusan
10. Perbanyak ibadah dan berkarya

Setelah kita tahu bagaimana sikap atau tindakan yang bisa dilakukan sebagai seorang Pramuka untuk ikut serta dalam pembangunan dan memajukan Indonesia, tentunya kita juga punya harapan kedepannya baik untuk diri sendiri, satuan dan bangsa Indonesia. Menurut penuturan dari Kak Fatkhul Manan, kita sebagai anggota Pramuka harus memegang sebuah prinsip yaitu, apa yang bisa kita berikan kepada bangsa ini. Melalui prinsip tadi bisa membuat kita sadar, betapa penting dan membutuhkannya bangsa ini kepada kita. Tentunya untuk mewujudkan harapan-harapan untuk Indonesia maju, sebagai pramuka khususnya untuk diri kita sendiri adalah dengan melakukan 10 langkah kongkrit yang telah dipaparkan di atas. Yang selanjutnya harapan kedepannya, untuk menumbuhkan jiwa interpreneur pada setiap diri anggota pramuka. Karena melalui langkah menumbuhkan jiwa interpreneur bisa memberikan seubuah karakter pada diri anggota gerakan pramuka yang baik.

Harapan berikutnya adalah pramuka menjadi teladan dan garda terdepan yang nantinya akan mampu menjadi pemimpin bangsa Indonesia. Teladan dalam artian bukan hanya di lingkungan kepramukaan saja tetapi juga di luar kepramukaan. Jadi jangan sampai kita handal di pramuka saja tetapi, di luar pramuka pun kita juga harus mengembangkan diri kita. Hal ini bertujuan agar seorang anggota pramuka mampu akan tantangan disegala kondisi dan situasi yang ada. Akan tetapi, apabila kita belajar diluar kepramukaan jangan sampai lupa dengan nilai – nilai Kepramukaaan yang sudah tertanam pada diri kita, bawalah nilai – nilai Kepramukaan tersebut untuk berkarir diluar Kepramukaan.

Terakhir, di dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, kita juga memiliki harapan yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia yaitu dengan harus tetap semangat untuk berkarya. Tetapi untuk mencapai dan memulai bekarya, hal yang utama haruslah menanamkan semangat pada diri kita, karena itu merupakan hal yang utama. Berkarya bisa dimulai dengan hal yang kecil – kecil terlebih dahulu seperti menulis ataupun hobi yang lain. Karena di masa pandemi seperti ini pasti banyak sekali waktu luang. Dari hal yang kecil itu tadi pasti akan mendatangkan sedikit banyak manfaatnya untuk kedepannya.

“ Lebih baik kecil tapi konkrit dari pada besar tapi tidak konsisten. Mulailah lakukan sekarang jangan ditunda, hindari dorongan – dorongan yang negatif seperti bermalas – malasan. Apalagi kita bermalas malasan pada masa pandemi sekarang ini, jika nanti pandemi usai kita pasti tidak punya kapasitas yang lebih baik lagi dari sebelumnya ”
Fatkhul Manan – Sekjen Dewan Kerja Nasional

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top