Ruang Alumnus: Walau Tidak Berseragam Pramuka Tetap Mengimplementasikan Nilai Pramuka

Hello Genk!

Selamat datang di Rubrik kami, Kakak pembaca semua!

Rubrik Humas Racana Brawijaya yang pastinya membahas informasi menarik seputar Kepramukaan Pandega dan hal seru lainnya.

Humas Racana Brawijaya telah mengadakan acara dialog alumni pada Selasa, 29 Juni 2021. Acara ini bertemakan “Implementasi Ilmu dan Nilai-Nilai Kepramukaan dalam Kehidupan Bermasyarakat” dibawakan oleh moderator Kak Rely Sandi Ariani RB 38 dengan narasumber Kak Suliswanto RB 30. 

Acara ini bertujuan untuk memotivasi kakak-kakak Pramuka dan sharing pengalaman yang dimiliki oleh narasumber berkaitan dengan pengalaman mengimplementasikan ilmu dan nilai kepramukaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Melalui siaran langsung Instagram @ubscout bersama @Soeliswanto_13, acara ini dimulai pukul 19.15 WIB dengan sambutan oleh moderator kepada narasumber serta para followers @ubscout yang hadir menyimak siaran langsung tersebut.

Dari acara dialog alumni ini dapat menambah wawasan tentang mengimplementasikan ilmu dan nilai-nilai di masyarakat dengan mengetahui posisi untuk tanggung jawab dalam masyarakat seperti tunas kelapa yang merupakan lambang dari Pramuka Indonesia yang dapat tumbuh dimana saja serta memiliki segudang manfaat.

Saat terjun ke masyarakat nanti, sebagai anggota Pramuka harus mengkondisikan dengan ilmu-ilmu yang telah didapat sesuai bakat dan minat kita. Bermasyarakat bisa diimplementasikan dengan lingkungan rumah maupun kerja, praktiknya dapat seperti memimpin sesama anggotanya.

Banyak nilai-nilai yang dilakukan oleh seorang pramuka seperti religius, kepemimpinan, kesopanan dan lain-lain. Lakukan apa yang dibisa dan berinisiatif menyelesaikan masalah dengan meminta bantuan orang lain juga. Walau tidak berseragam pramuka tetap mengimplementasikan nilai pramuka. Bisa diterapkan ke individu sendiri kemudian ke tingkat yang lebih besar seperti keluarga, tetangga, dan lainnya.

DATA PRIBADI

Nama                   : Suliswanto

Tempat/tgl.Lahir : Lamongan, 13 Oktober 1993

Agama                 : Islam

Alamat                 : Desa bangkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan

RIWAYAT PENDIDIKAN:

  1. MTs. Ma’arif Darul Ulum Brondong, Lamongan 2006-2009
  2. SMA Negeri 1 Paciran, Lamongan 2009-2011
  3. Universitas Brawijaya 2011-2016

RIWAYAT ORGANISASI & JABATAN:

  1. UKM Pramuka Universitas Brawijaya (Pradana Putra) 2009-2010
  2. Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (Departemen Advokesma) 2013-2014
  3. Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HUMANERA) (Departemen Sosial Masyarakat) 2014-2015
  4. UKM Pramuka Universitas Brawijaya (Pemangku Adat) 2014-2015

KURSUS/PELATIHAN:

  1. Profesional Aquaculture Technician Training (PACT)’11 – PT. Central Proteina Prima Tbk.(2017)
  2. Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka – Pusdiklatcab Witaraga Kota Malang (2012)
Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top