Ruang Alumnus Part 2 : Seorang Pemuda Harus Pintar Menangkap Peluang

Hello Genk!

Selamat datang di Rubrik kami, Kakak pembaca semua!

Rubrik Humas Racana Brawijaya yang pastinya membahas informasi menarik seputar Kepramukaan Pandega dan hal seru lainnya.

Kata PRAMUKA merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka bukan hanyalah sebuah organisasi semata tetapi juga sebuah ilmu. Pramuka tidak hanya mengajarkan tentang alam bebas tetapi juga mengajarkan bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan alam dan menerima keadaan dengan apa yang alam berikan. Mungkin beberapa orang juga sepakat apabila pramuka merupakan wadah untuk belajar cara beradaptasi dan pantang menyerah.

Kak Achsan Malik Wicaksono atau kerap dipanggil Kak Achsan ini adalah seseorang yang telah menjadikan Pramuka sebagai sebagian dari dirinya. Kakak alumni Racana Brawijaya ini memulai kuliah S1-nya di Universitas Brawijaya pada tahun 2011 prodi Pendidikan dan Sastra Bahasa Indonesia. Kakak alumni Racana Brawijaya ini, selain mengikuti UKM Racana Brawijaya juga mengikuti suatu himpunan di tempat ia menempuh gelar S.Pd.nya, yaitu Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selama berorganisasi di himpunan Kak Achsan sukses menggait jabatan sebagai wakil ketua. Tak hanya sukses meraih jabatan penting di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Alumni yang lulus pada tahun 2016 tersebut juga memiliki jabatan yang tak kalah penting di Racana Brawijaya yaitu sebagai Ketua Dewan Racana Brawijaya yang sebelumnya berada di Divisi Alam Bebas.

Kak Achsan merupakan Alumnus Racana Brawijya Angkatan 30 yang pada saat itu anggotanya berjumlah 85 orang. Sebagai pemegang jabatan yang penting, pria berkelahiran Magelang, 15 Mei 1991 itu tentunya memiliki banyak sekali pengalaman dan tips berharga yang didapatkan selama bergabung dengan UKM Racana Brawijaya. Kali ini kak Achsan akan membagikan tips agar kerekatan antar anggota Racana Brawijaya bisa terjaga yaitu dengan cara:

  1. Memulai pendekatan dengan anggota secara baik, terutama anggota baru
  2. Tidak membeda – bedakan antara anggota dan dewan
  3. Adaptasi diri (menyesuaikan diri), disini maksudnya kita bisa memposisikan diri sesuai dengan situasi
  4. Sebisa mungkin tidak membentuk circle atau biasa disebut genk, karena ini bisa menimbulkan perpecahan dan keminderan antar anggota. Kalaupun ada circle itu harus bisa memberikan pengaruh yang positif terhadap anggota lain
  5. Ketua Dewan Racana tidak hanya memimpin anggotanya saja tetapi juga perlu merangkul anggota, menciptakan suasana baru, mengingatkan suatu tugas atau pekerjaan sesuai tupoksinya masing – masing
  6. Apabila memiliki masalah yang menyangkut ataupun mempengaruhi organisasi, utarankan dan diskusikan dengan baik bersama anggota yang lain

Menurut Kak Achsan Racana Brawijaya sudah seperti keluarga dimana tempatnya berdomisili. Di Racana Brawijaya Kak Achsan bisa bercerita, berinteraksi, dan bertukar fikiran dengan para anggota Racana Brawijaya. Hal yang paling berkesan baginya adalah ketika ia ikut delegasi dan mengemban tanggung jawab sebagai ketua panitia kegiatan losipram. Dengan bekal keaktifannya selama berkegiatan di Racana kakak alumni ini yakin dapat mengikuti kegiatan delegasi dan menjadi ketua panitia losipram. Saat mengemban tugas sebagai ketua losipram Kak Achsan selalu menjaga komunikasi antara panitia dewan dan rektorat agar persiapan losipram lebih matang dan kegiatannya berjalan sesuai konsep.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar alumni kak Achsan memulai karirnya dengan mendirikan suatu usaha, tetapi sempat vakum karena pada bulan November tahun 2016 kak Achsan ini sempat sakit, dan sakitnya ini berlangsung cukup lama hingga bulan april tahun 2017. Merasa dirinya sudah membaik pada tahun 2017 kakak alumni ini memulai karirnya kembali dengan mengajar di Boarding School selama  satu semester di Magelang. Ternyata karir Kak Achsan tidak sampai disitu, meskipun mengingat karir mengajarnya sudah sesuai dengan gelar pendidikannya. Dengan digandeng kakak iparnya Kak Achsan berkesempatan untuk menjajal bisnis di dunia kuliner yaitu dengan menjalani bisnis ayam geprek abang ireng. Sadar bahwa dirinya senang dalam berwirausaha  pada bulan juli tahun 2019 kak Achsan pulang ke kota kelahirannya serta memulai bisnis dibidang Teknologi Anti Aging yang fokus pada kesehatan dan kecantikan hingga sekarang.

Melihat perjalanan karir Kak Achsan mengajarkan kita bahwa gerlar pendidikan yang kita dapat tidak harus sesuai dengan pekerjaan kita, yang perting harus pintar dalam mencari peluang. Dari karir mengajar hingga beralih ke berwirausaha kakak alumni yang satu ini menggunakan prinsip learning by doing. Selain itu, Kak Achsan juga giat dalam meperbanyak ilmu pengetahuan, membaca dan mengikuti seminar – seminar usaha. Sebagai alumni  Racana Brawijaya, Kak Achsan berpesan kepada anggota Racana Brawijaya untuk tetap menjaga kekeluargaan karena itu merupakan sebuah kunci agar Racana Brawijaya tetap solid dan kompak.

“ Berbisnis itu bukan tentang passion, tetapi dimana kemampuan untuk pandai mencari peluang. Berbisnis juga tidak kenal kata malu. Jangan membuang waktu hanya karena kamu belum punya pekerjaan yang sesuai dengan gelarmu. Karena mencoba sesuatu yang baru bukanlah hal yang buruk ”

Tutup Kak Achsan, alumnus Racana Brawijaya 2016.

DATA PRIBADI

Nama                   : Achsan Malik Wicaksono

Tempat/tgl.Lahir : Magelang, 15 Mei 1991

Agama                 : Islam

Alamat                 : Bendo Rt. 04/12 Donorojo Mertoyudan Magelang

RIWAYAT PENDIDIKAN:

  1. SD Kalinegoro 3 Magelang 1997-2003
  2. Pondok Modern Darussalam Gontor 2003 – 2011
  3. Universitas Brawijaya 2011 – 2016

RIWAYAT ORGANISASI & JABATAN:

  1. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Wakil Ketua)
  2. UKM Pramuka Universitas Brawijaya (Ketua Dewan Racana Brawijaya)
  3. UKM Pramuka Universitas Brawijaya (Dewan Kehormatan)

RIWAYAT PEKERJAAN:

  1. Bisnis Minuman Kemasan
  2. Bisnis Ternak Lele
  3. Tenaga Pengajar di SMA Syubbanul Wathon Magelang
  4. Bisnis kuliner (Ayam Geprek)
  5. Network Marketing dibidang Kesehatan dan Kecantikan
Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top