Anjangsana

Racana Brawijaya Gelar Anjangsana ke Racana Sekitar guna Pererat Tali Persaudaraan

Hello Genk? RB!!!
Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, manusia harus tetap menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya. Sabtu (9/2) Racana Brawijaya melakukan kegiatan anjangsana ke beberapa Racana lain di Kota Malang. Anjangsana ini dilakukan untuk bersilaturahmi, melepas rasa rindu, dan mempererat persaudaraan antar Racana. Racana yang dikunjungi antara lain Racana Universitas Negeri Islam Malang, Universits Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, dan Universitas Negeri Malang.

Siang itu, kegiatan diawali dengan bertamu pada Racana Universitas Negeri Islam Malang yang bertempat di Jl. MT. Haryono, Dinoyo, Kota Malang. Meskipun jumlahnya tak banyak karena sebagian anggotanya masih berlibur di kampung halaman  anggota RB disambut hangat oleh anggota Racana UNISMA. Diikuti oleh sekitar 11 orang anggota RB, kegiatan ini diawali dengan perkenalan masing-masing peserta yang hadir, berbincang masalah Racana, hingga berbicara hal-hal tidak penting yang menjadikan suasana anjangsana saat itu sangat hangat.  Canda tawa dan senda gurau mengisi anjangsana, hingga tak terasa waktu berlalu begitu cepat. RB pamit undur diri dan foto bersama untuk dijadikan kenangan-kenangan.

Menjelang sore, kegiatan dilanjutkan dengan sholat ashar kemudian menuju ke Racana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim di Jl. Gajayana, Dinoyo, Kota Malang. Di sana Anggota RB disambut oleh alumni dan Dewan Racana UIN Maulana Malik Ibrahim. Sama seperti anjangsana sebelumnya, peserta yang hadir kemudian saling memperkenalkan diri, bertukar beberapa informasi terkait kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan.

Selepas sholat maghrib anggota RB bertolak ke Universitas Negeri Malang untuk melanjutkan anjangsana. Ketika sampai kampus yang berada di Jl. Semarang, Sumbersari, Kota Malang ini, anggota RB disambut dengan srangkaian adat Racana, diantaranya yaitu membasuh muka dan kaki dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan bunga mawar, kemudian diberi suguhan air jahe dan klepon hijau yang disuapkan langsung oleh Pemangku Adat Racana UM. Angjangsana kemudian dilanjutkan dengan saling bertukar informasi dan hal-hal lain terkait Racana dan Pramuka yang menjadi tambahan wawasan untuk seluruh peserta angjangsana.

“Begitu banyak yang didapat dalam kegiatan anjangsana ini, ya meskipun dengan keterbatasan waktu. Saya dan kakak-kakak lainnya dapat tambahan banyak relasi, dapat wawasan baru dari pengalaman-pengalaman anggota Racana lain ketika berkegiatan, dapat mengetahui adat di masing-masing Racana, serta tentunya Saya rasa anjangsana kali ini menambah erat hubungan antar Racana.” Ujar Kak Ivanni, salah satu anggota RB yang turut menjadi peserta kegiatan anjangsana tersebut.

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top